Home       

      Daftar Artikel       

                                                                                                                                      

                                                                                       

KESELAMATAN HANYA ADA MELALUI YESUS

oleh David Elsafan

 

Saya menulis artikel ini didorong oleh kerinduan untuk menguatkan iman kita sehubungan dengan keselamatan hanya ada di dalam Yesus, dan Yesus adalah Anak Tunggal Allah (YHWH).

Di dalam tulisan ini saya:

1.     Tidak akan berkomentar diantara ayat-ayat yang saya cantumkan, agar pembaca dapat meneliti dan merenungkan sendiri.

2.     Ayat-ayat tersebut saya bagi dalam kelompok-kelompok, agar lebih mudah bagi pembaca untuk mempelajari sendiri.

3.     Saya garis bawahi dan tebal (Bold), untuk menjelaskan bahwa ayat-ayat itu saya kelompokkan dalam kelompoknya masing-masing.

4.     Ada ayat-ayat yang sudah saya cantumkan di satu kelompok, tetapi saya cantumkan lagi dalam kelompok yang lain karena penekanan isi dalam kelompoknya  yang berbeda.

5.     Pada bagian akhir dari tulisan ini, saya menuliskan rangkuman pendek (pendek sekali), hanya mengulangi arti dari ayat-ayat yang saya daftarkan, dan beberapa kalimat himbauan untuk menguatkan iman kita.

6.     Saya bagi dalam beberapa kelompok, agar anda tidak perlu cari-cari ayat-ayat yang berhubungan, tetapi tinggal membacanya saja.

7.     Ada beberapa ayat yang saya kutip dari Firman Allah Yang Hidup (FAYH) terbitan Kalam Kudus dalam bahasa Indonesia sehari-hari, untuk memperjelas isi ayat-ayat tersebut dan dengan lebih mudah untuk dimengerti maksudnya.

8.     Bold (tebal) dan Garis bawah adalah dari saya sendiri, untuk memperjelas arti ayat dalam pengelompokkannya.

9.     Ada beberapa situasi dimana ayat yang sama saya cantumkan dalam dua terjemahan secara berdampingan untuk mempermudah mendapatkan pengertian arti ayat tersebut.

Dengan demikian kita bisa belajar sendiri dari Alkitab, mengenai RENCANA BESAR KESELAMATAN yang telah direncanakan dan dirancang oleh Bapa kita, agar maksud ayat dibawah ini tercapai  dalam kehidupan kita.

“Sehingga akhirnya kita bersatu di dalam kepercayaan tentang keselamatan kita dan tentang Juruselamat kita, Anak Allah, dan semuanya menjadi dewasa di dalam Tuhan. Ya, sampai benar-benar mencapai kesempurnaan Kristus.” Efe 4:13 (FAYH)

Selamat membaca, mempelajari, merenungkan dan menghayati ayat-ayat dibawah ini, dan kiranya hanya Roh Kudus yang memberikan pengertian yang benar melalui Firman-Nya untuk menguatkan iman kita masing-masing.

1.    Rencana Keselamatan adalah Karunia dari Bapa dengan Jalan Mengaruniakan atau Mengutus Anak-Nya Sendiri

 

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yoh 3:16.

 

Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Yoh 3:17.

 

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. 1 Yoh 4:9.

 

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. 1 Yoh 4:10.

 

Lagipula, kami telah melihat sendiri dan sekarang kami memberitakan kepada seisi dunia bahwa Allah mengutus Anak-Nya untuk menjadi Juruselamat mereka. 1 Yoh 4:14 (FAYH).

 

Karena Anak-Nya sendiri pun tidak disayangkan-Nya, melainkan diserahkan-Nya demi kita semua, masakan Ia tidak memberikan segala sesuatu kepada  kita? Rom 8:32 (FAYH).

 

Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! Rom 5:10.

 

Tetapi, ketika waktunya tiba, waktu yang sudah ditentukan Allah, Ia mengutus Anak-Nya, dilahirkan dari seorang wanita sebagai orang Yahudi. Gal 4:4 (FAYH).

 

Dan inilah cara memperoleh hidup kekal itu—dengan mengenal Engkau,  satu-satunya Allah Yang Benar, dan Yesus Kristus, yang telah Engkau  utus  ke dunia. Yoh 17:3 (FAYH).

 

2.    Yesus adalah Anak-Nya Bapa Sendiri dan Ayat-ayat Mengenai Yesus Anak Tunggal Bapa

 

Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. Mar 1:1.

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Yoh 3:16.

 

Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Yoh 3:18.

 

(Sama tapi dalam FAYH) Tidak ada hukuman kekal menunggu orang-orang yang percaya bahwa Ia menyelamatkan mereka. Tetapi mereka yang tidak percaya sudah diadili dan dijatuhi hukuman, karena tidak percaya kepada Anak Allah yang tunggal. Yoh 3:18 (FAYH).

Kristus telah menjadi manusia dan hidup di dunia ini di antara kita. Ia penuh dengan kasih karunia dan kebenaran. Beberapa di antara kita telah melihat kemuliaan-Nya—kemuliaan Anak tunggal dari Bapa surgawi.  Yoh 1:14 (FAYH).

Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia? Rom 8:32.

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. 1 Yoh 4:9.

 

Dan suatu suara dari langit mengatakan, "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi,  dan Aku sangat berkenan akan Dia." Mat 3:17 (FAYH).

Sementara ia berkata demikian, awan yang terang turun menaungi mereka,  dan suatu suara dari dalam awan itu berkata, "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Aku sangat berkenan akan Dia. Taatilah Dia!" Mat 17:5 (FAYH).

Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya. Yoh 1:18.

Tetapi sementara Petrus mengucapkan kata-kata itu, awan menaungi mereka serta menutupi matahari, dan dari dalam awan itu terdengar suara yang mengatakan, "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi. Dengarkanlah Dia." Mar 9:1 (FAYH).

Dan kita tahu bahwa Kristus, Anak Allah, telah datang untuk menolong kita menemukan dan memahami Allah yang benar. Sekarang kita ada di dalam Allah, sebab kita ada di dalam Yesus Kristus, Anak-Nya. Ia adalah satu-satunya Allah yang benar; dan Dialah Hidup Kekal. 1 Yoh 5:20 (FAYH)

Kita tidak diselamatkan dari cengkeraman dosa hanya dengan mengenal hukum-hukum Allah, karena kita tidak dapat menaatinya; tetapi Allah melaksanakan rencana lain bagi keselamatan kita. Ia mengutus Anak-Nya sendiri, dengan tubuh jasmani seperti kita—bedanya, tubuh kita penuh dosa—dan menghancurkan kuasa dosa atas kita dengan jalan menyerahkan diri-Nya sebagai kurban bagi dosa kita. (4) Jadi, sekarang kita dapat menaati hukum-hukum Allah, asal kita mengikuti Roh Kudus serta tidak lagi hidup menurut tabiat lama yang jahat dalam diri kita. Rom 8:3,4 (FAYH.

1 Yoh 5:9,10  Kita mempercayai saksi-saksi di pengadilan negeri, maka kita juga patut mempercayai pernyataan Allah. Allah telah menyatakan bahwa Yesus adalah Anak-Nya.(10)Semua orang yang mempercayainya menyadari kebenaran pernyataan itu. Kalau ada orang yang tidak mempercayainya, sesungguhnya ia memandang Allah  itu pendusta, sebab ia tidak mempercayai pernyataan Allah tentang Anak-Nya.  1 Yoh 5:9,10 (FAYH).

 

3.    Yesus adalah Allah

SEBELUM segala sesuatu ada, Kristus sudah ada bersama dengan Allah. (2)  Ia selalu hidup dan Ia sendiri adalah Allah. Yoh 1:1,2 (FAYH).

Dan kita tahu bahwa Kristus, Anak Allah, telah datang untuk menolong kita menemukan dan memahami Allah yang benar. Sekarang kita ada di dalam Allah, sebab kita ada di dalam Yesus Kristus, Anak-Nya. Ia adalah satu-satunya Allah yang benar; dan Dialah Hidup Kekal. 1 Yoh 5:20 (FAYH)

Anak Allah itu menyinarkan kemuliaan Allah, dan segala sifat serta perbuatan-Nya menunjukkan bahwa Ia adalah Allah. Ia mengatur alam  semesta  dengan kuasa firman-Nya. Dialah yang telah mati untuk menyucikan  kita  serta menghapuskan segala dosa kita, lalu duduk dalam kemuliaan  tertinggi  di sebelah kanan Allah Yang Mahabesar di surga. Ibr 1:3 (FAYH).

 “Hendaklah Saudara bersikap seperti Yesus Kristus, (6)  yang tidak menuntut dan tidak tetap berpegang kepada hak-hak-Nya sebagai Allah, meskipun sebenarnya Dia Allah. Fil 2:5-6 (FAYH)

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Yes 9:6  (9-5).

Kristus adalah gambaran yang tepat dari Allah yang tidak kelihatan. Ia  sudah ada sebelum Allah menciptakan suatu apa pun. Kol 1:15 (FAYH).

 

4.    Yesus adalah Pencipta

SEBELUM segala sesuatu ada, Kristus sudah ada bersama dengan Allah. (2)  Ia selalu hidup dan Ia sendiri adalah Allah. (3)  Dialah yang menciptakan segala sesuatu dan tidak sesuatu pun ada, kalau tidak diciptakan oleh-Nya.  Yoh 1:1-3 (FAYH)

"Tuliskanlah surat ini kepada pemimpin jemaat di Laodikia: "Pesan ini dari Dia yang teguh, Saksi yang setia dan benar (dari semua perkara  yang  ada sekarang, dahulu, dan yang akan datang), sumber segala ciptaan  Allah: Wah 3:14.

Allah juga menyebut-Nya "Tuhan" ketika Ia mengatakan, "Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah menjadikan bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu. Ibr 1:10.

Maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ibr 1:1.

Kristus adalah gambaran yang tepat dari Allah yang tidak kelihatan. Ia  sudah ada sebelum Allah menciptakan suatu apa pun. Sesungguhnya (16)  Kristus sendiri adalah Pencipta, yang menjadikan segala sesuatu di langit dan di bumi, segala yang kelihatan dan yang tidak kelihatan; dunia roh dengan raja-raja dan kerajaannya, dengan penguasa-penguasa dan pemerintah-pemerintahnya. Semuanya dijadikan oleh Kristus bagi diri-Nya dan bagi kemuliaan-Nya. Kol 1:15,16 (FAYH)

 

5.    Yesus Sama dengan Bapa dan Yesus Menyatakan atau Menunjukkan Bapa (Jesus Reveals His Father)

Aku dan Bapa adalah satu." Yoh 10:30.

Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Yoh 14:9.

Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. (27)  Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. Yoh 5:26,27.

Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya. (22)  Bapa tidak menghakimi siapapun, melainkan telah menyerahkan penghakiman itu seluruhnya kepada Anak. Yoh 5:21,22.

Sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Yoh 10:15.

 

6.    Yesus Menjadi Manusia

 

Kita tidak diselamatkan dari cengkeraman dosa hanya dengan mengenal hukum-hukum Allah, karena kita tidak dapat menaatinya; tetapi Allah melaksanakan rencana lain bagi keselamatan kita. Ia mengutus Anak-Nya sendiri, dengan tubuh jasmani seperti kita—bedanya, tubuh kita penuh dosa—dan menghancurkan kuasa dosa atas kita dengan jalan menyerahkan diri-Nya sebagai kurban bagi dosa kita. Rom 8:3 (FAYH).

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Fil 2:8.

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. 2 Yoh 1:7.

(Ayat yang sama dalam terjemahan FAYH). Waspadalah terhadap pemimpin-pemimpin palsu—dan mereka banyak sekali jumlahnya. Mereka tidak percaya bahwa Yesus Kristus datang ke dunia sebagai manusia dengan tubuh seperti tubuh kita. Orang-orang semacam  itu menentang kebenaran dan melawan Kristus. 2 Yoh 1:7 (FAYH)

Bahwa Allah ada di satu pihak dan umat manusia di pihak lain, sedangkan Kristus Yesus sebagai manusia berada di tengah-tengah untuk mempertemukan keduanya, 1 Tim 2:5. (FAYH).

 

7.    Yesus Mati di Kayu Salib, Bangkit untuk Menjadi Juruselamat Manusia

Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia. 1 Tes 4:14.

Dan untuk menantikan kedatangan Anak-Nya dari sorga, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang. 1 Tes 1:10.

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Fil 2:8.

Anak Allah itu menyinarkan kemuliaan Allah, dan segala sifat serta perbuatan-Nya menunjukkan bahwa Ia adalah Allah. Ia mengatur alam  semesta  dengan kuasa firman-Nya. Dialah yang telah mati untuk menyucikan  kita  serta menghapuskan segala dosa kita, lalu duduk dalam kemuliaan  tertinggi  di sebelah kanan Allah Yang Mahabesar di surga. Ibr 1:3 (FAYH).

Jadi, siapakah yang akan menghukum kita? Kristuskah? Tidak! Sebab Dialah yang mati bagi kita dan hidup lagi bagi kita dan duduk di tempat  kehormatan  tertinggi di sebelah Allah, dan menjadi Pembela kita di  surga. Rom 8:34 (FAYH).

Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! Rom 5:10.

"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali: Wah 2:8.

Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia. Rom 6:9.

Seandainya tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus tentu masih mati. (14)  Dan seandainya Ia masih mati, maka segala pemberitaan kami sia-sia dan  iman Saudara kepada Allah kosong, tidak berharga, dan tidak berpengharapan; (15)  sedangkan kami, para rasul, adalah pendusta, sebab kami sudah mengatakan bahwa Allah membangkitkan Kristus dari kubur dan seandainya orang mati tidak dihidupkan kembali, tentu saja hal itu tidak benar. (16) Seandainya orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus masih mati (17)  dan Saudara benar-benar bodoh karena terus percaya bahwa Allah akan menyelamatkan Saudara, padahal Saudara masih tetap menghadapi hukuman atas dosa Saudara. (18)  Seandainya demikian, binasalah semua orang Kristen yang sudah mati! (19)  Dan seandainya kekristenan hanya berguna bagi kita dalam hidup sekarang ini, maka kita adalah insan-insan yang paling celaka. (20)  Tetapi kenyataannya ialah bahwa Kristus benar-benar sudah bangkit dari  antara orang mati dan telah menjadi yang pertama dari berjuta-juta orang yang akan dibangkitkan pada suatu saat kelak. 1 Kor 15:13-20 (FAYH)

 

8.    Yang Percaya Dijamin Selamat

Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Yoh 3:18.

(Ayat yang sama dalam terjemahan FAYH). "Tidak ada hukuman kekal menunggu orang-orang yang percaya bahwa Ia menyelamatkan mereka. Tetapi mereka yang tidak percaya sudah diadili  dan dijatuhi hukuman, karena tidak percaya kepada Anak Allah yang tunggal. Yoh 3:18 (FAYH).

Itulah sebabnya Aku berkata bahwa kalian akan mati di dalam dosa kalian,  karena kalau kalian tidak percaya bahwa Aku Mesias, Anak Allah, maka  kalian akan mati di dalam dosa kalian." Yoh 8:24 (FAYH).

Jadi, siapa yang memiliki Anak Allah, memiliki hidup; siapa yang tidak  memiliki Anak Allah tidak memiliki hidup. (13)  Ini saya tuliskan kepada Saudara, yang percaya kepada Anak Allah, supaya Saudara tahu bahwa Saudara memiliki hidup kekal. 1 Yoh 5:12,13 (FAYH).

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Kis 4:12.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. Yoh 5:24.

25  Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, (26)  dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"Yoh 11:25,26.

(Ayat yang sama dalam terjemahan FAYH). Yesus berkata kepadanya, "Akulah yang membangkitkan orang mati serta memberi hidup lagi kepada mereka. Siapa yang percaya kepada-Ku, walaupun ia mati seperti orang-orang lain, ia akan hidup kembali. (26)  Karena yang percaya kepada-Ku, ia akan diberi hidup kekal dan ia tidak  akan binasa. Apakah engkau percaya akan hal ini, Marta?" Yoh 11:25,26 (FAYH).

Ia telah membebaskan kita dari kegelapan kerajaan Iblis serta membawa kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang dikasihi-Nya, (14) yang telah menebus kita dengan darah-Nya dan mengampunkan segala dosa kita. Kol 1:13,14 (FAYH).

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup. (26)  Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri. Yoh 5:25,26.

Setiap orang mengalami kematian, karena kita semua ada hubungan dengan  Adam, yaitu menjadi bagian dari bangsa yang berdosa, dan dosa selalu mengakibatkan kematian. Tetapi semua orang yang bersekutu dengan Kristus akan dibangkitkan. (23) Namun masing-masing menurut gilirannya: Kristus bangkit lebih dahulu;  kemudian, apabila Kristus kembali, segenap umat-Nya akan hidup kembali. 1Kor 15:22,23 (FAYH).

 

9.    Yesus Secara Tegas Menyatakan Dia adalah Satu-satunya Jalan dan Menyatakan Siapakah Dia yang Sebenarnya

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yoh 14:6.

Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, Yoh 11:25.

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Yoh 8:12.

Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput. Yoh 10:9.

Akulah roti hidup. (49) Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. (50) Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. (51) Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." Yoh 6:48-51.

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Yoh 15:5

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku (15)  sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku. Yoh 10:14,15.

Kalian memanggil Aku ‘Guru’ dan ‘Tuhan’. Benarlah kata kalian itu, karena memang demikianlah halnya. (14)  Dan karena Aku, Tuhan dan Guru kalian, telah membasuh kaki kalian, maka layaklah kalau kalian juga saling membasuh kaki. Yoh 13:13,14 (FAYH)

Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." Yoh 8:18.

Jawabku: Siapakah Engkau, Tuhan? Kata-Nya: Akulah Yesus, orang Nazaret, yang kauaniaya itu. Kis 22:8.

Kemudian Ia berkata kepada mereka, "Kalian berasal dari bawah; Aku dari atas. Kalian dari dunia ini; Aku bukan. (24) Itulah sebabnya Aku berkata bahwa kalian akan mati di dalam dosa kalian,  karena kalau kalian tidak percaya bahwa Aku Mesias, Anak Allah, maka  kalian akan mati di dalam dosa kalian." Yoh 8:23,24 (FAYH)

Yesus berkata kepada mereka, "Kalau demikian halnya, kalian tentu mengasihi Aku, sebab Aku datang dari Allah. Aku di sini bukan atas kehendak-Ku  sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku. Yoh 8:42 (FAYH).

 

10.  Pengakuan Murid-Murid, dan Setan juga secara tidak langsung mengakui Yesus Anak Allah

Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Mat 16:16.

Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: "Sesungguhnya Engkau Anak Allah." Mat 14:33.

Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?" Mat 8:29.

Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti."Mat 4:3.

Lalu berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kaki-Mu jangan terantuk kepada batu." Mat 4:6.

 

11.  Yesus Dimuliakan dan Ditinggikan oleh Bapa-Nya dan  Semua Mahluk Menyembah Dia

Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, (4)  jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka. (5)  Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?" dan "Aku akan menjadi Bapa-Nya, dan Ia akan menjadi Anak-Ku?" (6)  Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia." (7)  Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-N menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api." (8)  Tetapi tentang Anak Ia berkata: "Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran. (9)  Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu." Ibr. 1:2-9 (FAYH).

Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, (10)  supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, (11)  dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! Fil 2:9-11 (FAYH).

Lalu saya mendengar semua orang di surga dan di bumi dan dari alam maut di bawah bumi dan di dalam laut berseru, "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan Anak Domba adalah segala pujian, kehormatan, kemuliaan, dan kekuasaan sampai selama-lamanya!"(14)  Dan keempat Makhluk Hidup itu tidak henti-hentinya berkata, "Amin!" Dan kedua puluh empat Penatua itu tersungkur dan menyembah Dia. Wah 5:13,14

Supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia. Yoh 5:23,

Karena ada tertulis: "Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah." Rom 14:11.

 

11.  Orang Matipun Mendengar Suara-Nya

Dan dengan sesungguh-sungguhnya Kunyatakan, bahwa waktunya akan datang,  bahkan sekarang sudah tiba, orang-orang mati akan mendengar suara-Ku—suara Anak Allah — dan mereka yang mendengar akan hidup. Yoh 5:25 (FAYH)

Jangan heran! Akan datang waktunya semua orang mati di dalam kubur akan mendengar suara Anak Allah, (29) dan bangkit kembali—mereka yang telah berbuat baik menerima hidup kekal;  mereka yang terus berbuat jahat menerima hukuman. Yoh 5:28,29.

 

Kiranya kita semua mendapatkan berkat karena iman yang benar kepada Bapa dan Anak-Nya yang dikaruniakan kepada kita dan jangan sampai menjadi penyesat dan antikristus.

2 Yoh 1:7-9  Waspadalah terhadap pemimpin-pemimpin palsu—dan mereka banyak sekali jumlahnya. Mereka tidak percaya bahwa Yesus Kristus datang ke dunia sebagai manusia dengan tubuh seperti tubuh kita. Orang-orang semacam  itu menentang kebenaran dan melawan Kristus. (8)  Waspadalah supaya jangan menjadi seperti mereka, lalu kehilangan pahala yang kita usahakan dengan susah payah. Berusahalah supaya kalian menerima upah penuh dari Tuhan. (9)  Sebab, jikalau kalian menyimpang dari ajaran Kristus, kalian meninggalkan Allah; sedang apabila kalian setia kepada ajaran Kristus kalian juga akan memiliki Allah. Maka kalian memiliki keduanya, Bapa dan Anak. (FAYH)

2 Yoh 1:3 “maka Allah Bapa dan Yesus Kristus, Anak-Nya, akan memberkati kita dengan kemurahan, damai sejahtera, dan kebenaran serta kasih. (FAYH).

RANGKUMAN (oleh penulis sendiri)

Yesus adalah Anak tunggal Allah, satu dengan Bapa, Yesus adalah Allah yang menjadi manusia, mati dikayu salib sebagai penebus manusia dari dosa sesuai dengan injil yang kekal.

Yesus menyatakan dengan jelas bahwa Dia adalah satu-satunya jalan ke Bapa, tidak menunjuk kepada yang lain, dan semua para Bapa-Bapa (Patriarchs) dan Nabi-Nabi (Prophets), dan Rasul-Rasul (Apostles), dan Pendeta-Pendeta (Pastors), yang diutus oleh Tuhan, pasti hanya memberitakan jalan keselamatan melalui Yesus dengan jelas dan nyata, yaitu keselamatan hanya melalui Anak Tunggal Allah, Anak-Nya sendiri.

Dan semua utusan Tuhan pasti dengan suara jelas menyatakan bahwa Yesus adalah Anak-Nya yang tunggal, mati dikayu salib sebagai satu-satunya jalan keselamatan. Suara lain yang tidak sejalan dengan RENCANA BESAR KESELAMATAN harus kita hormati sebagai kepercayaan dalam koridor yang berbeda, dan dengan kasih harus kita dekati sebagai sesama manusia ciptaan Tuhan, mengingat kerinduan Tuhan untuk menyelamatkan setiap manusia, tetapi tidak dalam bentuk kompromi doktrin.

Dengan demikian iman kita tetap teguh atas Juruselamat kita satu-satunya, dan pada saat yang sama kasih kita terpancar dalam arti yang sesungguhnya dan kita semua hidup dalam damai dan jaminan surgawi yang sejati.

 

Kiranya rangkuman ayat-ayat ini berguna bagi kehidupan kerohanian kita masing-masing.

 

Sydney, 29 January 2008.

David J. Elisafan