Monumen Penciptaan 
   Bab 8    
 D  A
     
   www.dianweb.org Home Daftar Isi

 

 

 

 

8.  TANDA   DAN   METERAI   ALLAH

Langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di dalamnya diciptakan Allah. Dalam Alkitab kita membaca "Oleh firman Tuhan langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulutNya segala tentaranya. Sebab Dia ber firman, maka semuanya jadi. Dia memberi perintah, maka semuanya ada." Mazmur 33:6, 9. 

1. Dalam gambar siapa manusia dijadikan?

"Berfirmanlah Allah: Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burungburung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Kejadian 1:26.

Catatan : Manusia memantulkan gambar Penciptanya. Bagaimana kita menyembah dan berbakti menggambarkan siapa Allah (atau allah) kita.

2. Bagaimana Allah yang benar dibedakan dari allah-allah palsu?

"Tetapi Tuhan adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Bumi goncang karena murkaNya, dan bangsa-bangsa tidak tahan akan murkaNya. Beginilah harus kamu katakan kepada mereka, "Para allah yang tidak menjadikan langit dan bumi akan lenyap dari bumi dan dari kolong langit ini." Tuhanlah yang menjadikan bumi dengan kekuatanNya, yang menegakkan dunia dengan kebijaksanaanNya, dan yang membentangkan langit dengan akal budiNya." Yeremia 10:10-12.

3. Mengapa Allah berhak memerintah dan disembah?

"Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa, sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu dan oleh karena kehendakMu semuanya itu ada dan diciptakan." Wahyu 4:11. Baca Mazmur 95:3-6.

Catatan: Allah yang harus kita layani dan sembah menciptakan segala sesuatu dari pada apa yang tidak dapat kita lihat (Ibrani 11:3) Kemudian Dia menggantungkan bumi pada kehampaan (Ayub 26:7). Dia menopang segala yang ada (Ibrani 1:3). Dia menopang semua hidup (Kisah 17:28).

4. Apa tandanya bahwa Allah adalah Pencipta?

"Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan Sabat, turun-temurun menjadi perjanjian kekal. Antara Aku dan orang Israel maka inilah suatu peringatan untuk Seama-lamanya, sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh la berhenti bekerja untuk beristirahat." Keluaran 31:16, 17. Hari Sabat menjadi tanda bahwa Allah adalah Pencipta.

5. Tanda apa lagi hari Sabat itu?

"Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari SabatKu harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu turuntemurun sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan yang menguduskan kamu." Keluaran 31:13. Baca juga Yehezkiel 20:12, 20. Catatan: Kuasa ilahi yang sama yang perlu untuk penciptaan juga diperlukan untuk penciptaan kembali kehidupan rohani. Kelahiran baru adalah penciptaan Allah dalam kerajaan rohani, sebagaimana dunia baru pada waktu penciptaan adalah kuasa Allah yang kreatif yang bekerja dalam kerajaan jasmani .

Catatan : Hari Sabat adalah suatu tanda kedaulatan Allah. Dia adalah Pencipta dan Penebus. Kristus harus yang terutama dalam kehidupan Kristen. Pemeliharaan hari SabatNya yang suci adalah senantiasa suatu tanda kesetiaan kepadaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat.

6. Apakah meterai atau cap itu?

Suatu tanda pengesahan terhadap suatu perjanjian atau peraturan dari si pembuat perjanjian/peraturan.Raja-raja zaman purba mempunyai cincin yang digunakan sebagai meterai. Sekarang kebanyakan dokumen yang sah memerlukan meterai-meterai untuk disetujui.

7. Tiga unsur apakah harus ada dalam cap satu pemerintahan?

Cap pemerintah digunakan untuk mensahkan hukum negara dan dokumen resmi. Pada cap harus ada :                  

a. NAMA,                        b.PANGKAT/JABATAN,           c. WILAYAH KEKUASAAN dari yang mengeluarkannya.

 

 

8. Bagaimanakah suatu meterai sering digunakan secara kiasan dalam Alkitab?

 

"...tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya sebelum ia bersunat."  Roma 4:11

"........ ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus yang dijadikan itu." Efesus 1.13.
"...janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan" Efesus 4:13

 

Catatan : Dalam Alkitab dua kiasan digunakan untuk cap ini :

a. Sebuah cap atau meterai dibuat untuk kebenaran atau tuntutan Allah.

b. Sebuah cap atau meterai dibuat untuk menunjukkan hak milik dan persetujuan.

9. Apakah ada cap Allah dalam Hukum-Nya yang suci - sepuluh hukum itu?

"...hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN Allahmu; ... Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya."  Keluaran 20 : 10a, 11

Catatan : Hukum keempat adalah meterai 10 Hukum Allah sebab di dalamnya tercantum :

a. Nama Allah ("TUHAN ALLAHMU")

b. Pangkat atau Jabatan ("PENCIPTA atau "KHALIK")

c. Wilayah kekuasaannya ("LANGIT DAN BUMI").

10. Bagaimana saya dapat masuk ke dalam perhentian Allah?

Saya harus menerima pekerjaan Kristus yang sempurna dan selesai itu. Saya harus datang menghadap takhta karuniaNya dan Dia akan memberikan pertolongan pada waktunya kepadaku dalam perselisihan saya dengan iblis. Baca Ibrani 4:16. Orang berdosa yang bertobat menerima Kristus sebagai Tuhan dari kehidupannya dan dengan sudi memberikan kesetiaan dan penurutannya kepada Allah untuk keduanya dibentuk dan digunakan oleh Dia dalam pelayananNya.

Kesimpulan

Hari Sabat adalah tanda dari seluruh kegiatan Allah, kuasa kreatifNya dalam semesta alarn, dan kuasaNya menciptakan kembali dalam hati. Baca II Timotius 2:19. Meterai persetujuan Allah apabila ditempatkan pada seseorang akan menunjukkan dia telah mendapat kemenangan atas dosa dan itu akan nyata bahwa dia milik Allah. Mentirut Wahyu 7:1-3 kita hidup pada zaman pemeteraian. Umat Allah akan menjadi pemelihara hukum. Hari Sabat adalah tanda luar, tanda atau meterai yang membedakan mereka dari orang-orang yang tidak menurut atau mengakui hukum-hukum Allah. Tetapi bagi umat Allah hari Sabat berarti penyucian. Itu adalah tanda antara mereka dan Allah yang menandakan mereka sebagai milik Allah.

 

 

 Lanjutkan /kembali ke hal :       

 Home       Daftar Isi

1          3          5      6