Monumen Penciptaan   
   Bab  9 & Bab 10  
 D  A
     
   www.dianweb.org Home Daftar Isi

 

 

9. BAGAIMANA PENTINGNYA KEPATUHAN ?

Bagaimana telitikah Allah? Haruskah kita menuruti hukum-hukumNya dengan sungguh-sungguh? Ingat bahwa seorang tidak dapat memelihara roh hukum Allah, sementara melanggar hukum itu. Banyak yang merasa bahwa pemeliharaan hukum hari Sabat tidak penting dan Allah tidak akan menuntut kegagalan seseorang untuk memelihara hari ketujuh itu apabila sangat sukar dilaksanakan.

1. Hari apa yang disuruh Allah untuk kita sucikan?

"Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat ........ hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan Allahmu." Keluaran 20:8, 10.

 

  

 

2. Apakah Raja Saul menuruti Allah ketika disuruh memukul bangsa Amalekh?

Baca I Samuel 15:1-9. Inilah jawab Saul: "Aku telah melaksanakan firman Tuhan." I Samuel 15:13.

 

Catatan: Samuel tidak percaya Saul mengatakan kebenaran karena ia bertanya, "Kalau begitu apakah bunyi kambing domba, yang sampai ke telingaku, dan bunyi lembu-lembu yang kudengar itu ?" 1 Samuel 15:14. Baca alasan Saul dalam ayat 15. Dia membuktikan bahwa dalam roh dia telah menurut walaupun dia telah melanggar sedikit perintah itu. Tetapi dia pertahankan bahwa hal itu dilakukan adalah dengan maksud yang baik. Kita akan menggunakan domba-domba dan lembu-lembu ini untuk korban kepada Allah. Apakah perbuatan itu dimaklumi Allah? "Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan." I Samuel 15:22. Yang baik bagi Allah adalah menaati perintahNya bukan memberikan apa yang kita pandang baik.

 

3. Apa akibat pelanggaran Saul dalam hidupnya?

"Tetapi jawab Samuel: " Sebah pendurhakaan adalah sama seperti dosa bertenung dan kedegilan adalah sama seperti menyembah berhala dan terafim. Karena engkau telah menolak firman Tuhan, maka la telah menolak engkau sebagai raja." I Samuel 15:23.

 

4. Apa pernyataan Saul atas pelanggarannya itu?

"Berkatalah Saul kepada Samuel: `Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah Tuhan dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka."' I Samuel 15:24. Saul akhirnya mengakui bahwa apa yang diperbuatnya melanggar perintah Tuhan, dia mengikuti permintaan orang banyak (mayoritas).

Catalan: Adalah keputusan di tangan kita untuk mengikuti perintah Allah atau mayoritas.

 

5. Apakah Kain tidak mempersembahkan hasil-hasil yang terbaik dari tanahnya? (Kejadian 4:3-5)

"Lalu hati Kain menjadi sangat panas dan mukanya  muram". Kejadian 3:5  Seandainya Kain mempersembahkan yang kurang baik, ia akan memaklumi mengapa persembahannya tidak diterima dan tidak menjadi sangat kecewa. Kain telah mempersembahkan apa yang dia pandang baik.

 

6. Apakah sebabnya Allah mengindahkan persembahan Habel dan tidak mengindahkan persembahan Habel?

Kain mempersembahkan sebagian hasil tanahnya, Habel mempersembahkan anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya.

 

Catatan :  Darah binatang yang tersembelih melambangkan darah Kristus yang tercurah untuk menebus kita."Darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir." Keluaran 12:13 "Itulah korban Paskah bagi TUHAN yang melewati rumah-rumah orang Israel di Mesir .." Keluaran 12:27 (Bacalah Kejadian 12:1-28) 

Meskipun Kain mempersembahkan hasil tanah yang baik, ini tidak berkenan di mata Tuhan karena itu bukanlah persembahan yang benar. Yang baik di mata manusia tidaklah harus baik di mata Tuhan.

 

7. Apakah Adam dan Hawa mengerti perihal "korban" ini ?

"Dan TUHAN Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka." Kejadian 3 :21. 

 

Catatan : Manusia memakai daun pohon ara untuk menutupi ketelanjangan mereka (Kejadian 3:7), namun Tuhan menggantinya dengan kulit binatang. Ada makna yang Tuhan ingin ajarkan, bahwa untuk "menutupi ketelanjangan akibat dosa" harus ada mahluk yang dikorbankan, ada darah yang dicurahkan. Peristiwa ini menguatkan janji Tuhan dalam Kejadian 3:15, Adam dan Hawa tidak akan melupakan hal ini. (Suatu penyesalan yang besar dan pengharapan akan janji Allah, membuat seseorang menceritakannya berulang-ulang kepada yang lain).

8. Dari 600.000 orang yang meninggaikan Mesir mengapa hanya dua orang yang diizinkan memasuki Negeri Perjanjian itu?

"Bahwasanya orang-orang telah berjalan dari Mesir, yang berumur dua puluh tahun ke atas, tidak akan melihat negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub, oleh karena mereka tidak mengikut Aku dengan sepenuh hatinya, kecuali Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, dan Yosua bin Nun, sebab keduanya mengikuti Tuhan dengan sepenuh hatinya." Bilangan 32:11, 12.

 

9. Apakah Allah menghendaki kepatuhan yang sepenuhnya?

"Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya." Yakobus 2:10   "Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa." Yakobus 4:17

 

10. Apakah ujian kasih yang sebenarnya?

"Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu." Yohanes 14:15. "Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya."  I Yohanes 2:3 "  Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya." I Yohanes 5:2  Baca juga Yohanes 14:21, 15:10

Kesimpulan

Kepatuhan yang aktif kepada kehendak Allah adalah sangat penting untuk setiap kehidupan. 

Apa yang mayoritas anggap benar bahkan apa yang bagi kita sangat baik sekalipun belum tentu baik di mata Tuhan. Allah memang mengerti hati kita, namun bila kita telah mengetahui yang baik dan tidak melakukannya, kita berdosa  (Yakobus 4:17).   "Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya." Yohanes 13:17. 

Akan kita turutikah Allah dalam hal pemeliharaan hari Sabat ini? Mana yang hendak engkau lakukan? Paulus mengatakan "Apakah kamu tidak tahu, bahwa apabila kamu menyerahkan dirimu kepada seseorang sebagai hamba untuk mentaatinya, kamu adalah hamba orang itu?" Roma 6:16. Kita tidak dapat membiarkan orang lain untuk menghalangi kita menurut kebenaran Alkitab. "Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu." Yesaya 1:19.

 

 

 

 

10. PEMELIHARAAN HARI SABAT YANG BENAR

Allah memberikan aturan-aturan dalam menjalankan Sabat, bukan untuk memberatkan manusia, namun semata-mata agar hari itu dapat mendatangkan manfaat yang besar bagi manusia.

1. Kapan hari Sabat dimulai dan diakhiri?

Baca Kejadian 1:5, 8, 13, 14-19, 23, 31. Di sini nyata bahwa setiap hari yang penuh dimulai dengan bagian yang gelap dan diakhiri dengan bagian yang terang. Alasan akan menyatakan bahwa hari ketujuh mulai pada waktu matahari terbenam dan berakhir dua puluh empat jam kernudian pada akhir bagian yang terang ketika matahari terbenam.

Catatan: Malam mulai pada waktu matahari terbenam menurut Markus 1:32. "Malam" dan "matahari terbenam" digunakan saling bertukar tempat dalam Alkitab. Baca Ulangan 16:6; 23:11; 1 Raja-raja 22:35, 36; II Tawarikh 18:34. Satu hari yang 24 jam penuh terdiri dari gelap dan terang. Matahari terbenam adalah tanda alamiah yang diberikan Allah untuk menandai pembagian waktu menjadi hari-hari.

2. Pada hari apa persiapan diadakan untuk menyucikan hari Sabat?

"Hari itu adalah hari persiapan dan Sabat hampir mulai." Lukas 23:54. Baca Keluaran 16:22, 23.

Catatan: Jika persiapan tidak diadakan sebelumnya hari Sabat biasanya tidak dipelihara dengan baik. Persiapan memberikan lebih banyak waktu untuk memasuki perhentian rohani dan jasmani pada hari Allah.

 

3. Bagaimana tentang pekerjaan pada hari Sabat?

"Jangan melakukan sesuatu pekerjaan." Keluaran 20:10.

Catatan: Ini menunjuk kepada pekerjaan yang olehnya kita mendapat penghasilan dan pekerjaan lain yang tidak sesuai dengan pemeliharaan hari Sabat yang benar.

4. Apakah hari Sabat suatu hari untuk kesenangan kita sendiri dan kata-kata kita sendiri?

"Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudusKu; apabila engkau menyebutkan hari Sabat hari kenikmatan, dan hari kudus Tuhan had yang mulia, apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan dan Aku akan membuat engkau melintas puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhanlah yang mengatakannya." Yesaya 58:13, 14.

5. Bagaimana dikatakan Allah tentang membeli dan menjual pada hari Sabat?

Baca Nehemia 13:15-21; 10:31.

6. Apakah hari Sabat menjadi hari untuk kebaktian umum?

"Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada Sabat, hari perhentian penuh, yakni hari pertemuan kudus; janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan; itulah Sabat bagi Tuhan di segala tempat kediamanmu." Imamat 23:3.

Catatan: "Pertemuan" artinya berkumpul bersama-sama, dan apabila digunakan dalam Alkitab itu menunjukkan pertemuan yang bersifat agarna. Pada hari Sabat adalah kebiasaan Kristus pergi ke rumah ibadat. Baca Lukas 4:16. Kita dinasihatkan, "Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang." lbrani 10:25.

7. Apa yang dapat dilakukan seseorang pada hari Sabat?

"Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." Matius 12:12.

Catatan :   Pada hari Sabat Yesus menyembuhkan orang yang mati tangannya (Lukas 6:6-11). Pada hari Sabat Yesus menyembuhkan orang sudah sakit selama 38 tahun (Yohanes 5:1-9). Yesus menunjukkan bahwa perbuatan pengasihan yang dilakukan untuk meringankan penderitaan ciptaanNya adalah sesuai dengan pemeliharaan hari Sabat yang benar. Suatu garis pedoman umum adalah apa saja yang akan memperdalam kasih kita dan penghargaan kita kepada Allah, apa saja yang akan memperdalam ikatan persatuan antara Allah dan orang-orang percaya akan dibenarkan dilakukan pada hari Sabat.

 

8. Apa manfaat hari Sabat bagi kita?

Hari Sabat merupakan hari untuk kebahagiaan manusia: "Hari Sabat diadakan untuk manusia ..."Markus 2:27. Bagi yang memelihara hari Sabat berkat-berkat yang didapat diantaranya adalah:

~ Hubungan yang Erat dengan Pencipta

Menyadari bahwa kita mengikuti apa yang Allah Pencipta semesta alam katakan adalah suatu hal yang membahagiakan. Ini juga mengingatkan bahwa Allah Pencipta kita dalah Allah yang penuh kasih dan penyayang.

~ Rumah Tangga Bahagia

Dalam dunia yang serba sibuk, betapa pentingnya satu hari dimana keluarga dapat berkumpul bersama. Tidak ada kegiatan lain yang dilakukan oleh masing-masing anggota keluarga selain bersekutu dengan Tuhan dan mempererat hubungan satu sama lain.

 

~ Berkat Persekutuan Umat Tuhan

Manusia adalah mahluk sosial. Adalah satu kegembiraan beribadah bersama dengan mereka yang datang dari keluarga berbeda, dengan beraneka ragam latar belakang, kebiasaan atau kesukaan, dapat duduk bersama, bertukar pikiran, saling menguatkan, dsb. ( Tahun 1977, Institut Kesehatan Mental Amerika dan Institut Jantung dan Paru Nasional telah membiayai penelitian George Comstock yang kemudian dilaporkan dalam Journal of Health and Social Behavior. Penelitian yang melibatkan 47.523 orang berusia 25 tahun atau lebih, menemukan bahwa adanya hubungan antara kehadiran di gereja yang teratur dengan berkurangnya angka kematian.)

 

~ Hari untuk Menyegarkan Kembali

Sabat artinya "berhenti". Allah sengaja memberikan satu hari khusus agar kita berhenti dari segala pekerjaan sehari-hari yang membawa kepenatan tubuh dan pikiran. Sebagaimana mobil akan cepat rusak bila dipergunakan terus tanpa istirahat, tubuh kita pun ttdak akan dapat bertahan lama tanpa istirahat yang cukup dan teratur. 

(Pada Perang Dunia II, pabrik pembuat bom menuntut pegawainya bekerja untuk 74 jam per minggu, yang berarti hampir 11 jam per hari; 7 hari dalam seminggu. Mereka mendapatkan bahwa pegawai benar-benar bekerja hanya untuk 66 jam, karena banyak yang absen oleh sebab sakit, terjadi banyak kecelakaan kerja, sikap pegawai yang pemarah, perkelahian, dsb. Pada saat jam kerja dikurangi menjadi 64 jam. Mereka mendapatkan bahwa problem tersebut makin berkurang. Pada saat jam kerja menjadi 48 jam per minggu; mereka mendapatkan hasil produksi justru naik 15 %. Hal ini membuat tanggal 29 Juli 1941, Perdana Menteri Inggris berbicara di depan DPR untuk mengadakan satu hari libur setiap minggu dan satu minggu liburan setiap tahunnya.) 

 

Biarlah kita menyadari bahwa Allah memberikan hari Sabat beserta peraturan-peraturan di dalamnya adalah karena kasihnya bagi kita. Menjalankan Sabat semata-mata karena diperintahkan terlebih untuk mendapatkan pembenaran diri, akan menjadikannya sebagai beban atau kuk. Namun bila kita menjalankan karena tahu bahwa Allah mengasihi kita dan memberikannya untuk kebaikan kita, dan kita pun menurut karena mengasihi Dia, maka kita akan mendapat manfaat yang besar.

 

Kesimpulan

Yesaya telah menubuatkan bahwa Kristus akan "membesarkan hukum dan memuliakannya" Yesaya 42:21. Orang Yahudi telah meletakkan ribuan peraturan tradisi pada hari Sabat. Sebagian besar pembatasan-pembatasan ini adalah buatan manusia dan membuat hari Sabat itu menjadi beban. Kristus membuang semuanya ini untuk mengembalikan hari Sabat kepada tempatnya, yang sebenarnya sebagai hari bersekutu yang penuh sukacita bersama dengan -Nya, hari untuk merenungkan tentang Allah, hari untuk membuat kebaikan. Salah satu bagian terpenting dari pelayanan Kristus ialah pembaharuan hari SabatNya. Ia tidak mengubah hari Sabat tetapi la menolak semua tradisi yang mengelilinginya. Mereka yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya akan berbahagia (Yesaya 56:2).

 

 

Lanjutkan /kembali ke hal :       

 Home       Daftar Isi

1          3          5      6