kembali ke hal 4 | kembali ke daftar Isi "Monumen"

 

 

BAPTIS :

"Sudah ada suatu perintah memelihara hari sabat tetapi hari Sabat itu bukan hari Minggu.... Bagaimanapun juga sudah dikatakan bahwa hari Sabat... menurut pendapat beberapa orang sudah dipindahkan ke hari pertama    dalam Minggu... Dimanakah kita jumpai uraian tersebut? Sesungguhnya kita     tidak akan menjumpainya didalam Perjajian Baru. Tidak ada bukti Alkitab  tentang perubahan hari Sabat hari yang ke-7 ke hari yang Pertama dalam            Minggu". Dr. Edward T. Hiscox, Penulis Pedoman Gereja Babtist.

 

KATHOLIK :

"Saudara boleh baca Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu, maka engkau tidak akan menjumpai satu katapun yang menyuruh sucikan hari Minggu.Kitab kudus itu menyuruh menguduskan hari Sabtu, yaitu hari yang kita tidak  kuduskan." Cardinal  James Gibbons, dalam buku "The Faith of Our Fathers,   hal 111.

 

KRISTEN :

"Tidah ada suatu perobahan hari Sabat dari hari ke-7 menjadi ke hari Pertama. Tidak ada satu bukti Alkitab yang mengatakan tentang perobahannya." Dikutip dari buku "First - Day Observance", hal 17, 19.

 

GEREJA KRISTUS :

"Saya tidak percaya bahwa hari Tuhan datang dari Sabat  Yahudi, atau hari Sabat sudah dirobah dari hari yang ke-7 ke hari yang pertama." Alexander Camphell, "Washinton Reporter, October 8,1821.     

      

CONGREGETIONAL :

"Suatu dugaan atau pendapat yang mengatakan bahwa Kristus         dan Rasul-rasulNya sudah menggantikan hari yang ke-7 dengan hari yang pertama, adalah sesungguhnya tidak beralasan yang kuat dalam Perjanjian Baru." Dr. Lyman Abbott, Christian Union.

 

EPISCOPAL :

"Apakah ada perintah didalam perjanjian Baru untuk merubah hari    perhentian dalam Minggu dari hari Sabtu ke hari Minggu? Sama sekali tidak."   Manual of Christian Doctrine." Hal 127.

 

METHODIST :

"Ambillah hal-hal yang berbicara tentang hari Minggu...   Tidak ada pasal yang berbicara atau mengatakan kepada orang Kristen untuk  menyucikan hari itu, ataupun memindahkan hari Sabat Yahudi ke hari Pertama." Harris Franklin Rall, Christian Advocate, Juli 2, 1942.

 

LUTHERAN :

"Pemeliharaan hari Tuhan (hari Minggu) tidak terdapat dalam  perintah Allah, tetapi terdapat pada kuasa gereja." Augsburg Confession of  Faith, dikutip dari Catholic sabbath Manual, bagian ke-2, pasal 1, bagian ke 10.      

 

PRESBITARIAN :

"Hari Sabat orang Kristen (hari Minggu) tidak terdapat dalam  Kitab Suci, dan tidak ada juga di Gereja Primitive yang menamakan dirinya  penganut Sabat." Dwight's Theology, jilid 4 hal. 401.

 

KAMUS :

"Dugaan tentang suatu pergantian secara resmi oleh kuasa para rasul        tentang hari Tuhan (hari Minggu) terhadap Sabat Yahudi (atau hari Pertama  menggantikan hari ke-7) ... dan soal kepindahannya, mungkin dalam bentu        rohani dari penetapan hari Sabat dari hukum ke-4, tidak mempunyai dasar baik        dari Kitab Suci maupun orang Kristen zaman dulu."  William Smith &  Samuel cheetham, A Dictionary of Christian Antiquites, Jilid 2, hal 182.

 

ENCYCLOPEDIA :

"Haruslah diakui bahwa tidak ada peraturan atau hukum di  dalam Perjanjian Baru berbicara tentang hari Pertama." M'Clintock and Strong, Encyclopedia of Biblical, Theological and Wcclestical Literatur, Jilid 9, Hal   196.

 

kembali ke hal 4 | kembali ke daftar Isi "Monumen"