Tubuhku BaitNya  
    Bab   I . 5
 D  A
     
   www.dianweb.org Home Daftar Isi

 

 

 

 

 

 

          Seri - 5

 

   Lingkungan 

          yang 

                Sehat

   
 

Telah kita ketahui bahwa makanan yang sehat, penggunaan air secukupnya sangat perlu untuk kesehatan tetapi kita juga perlu hidup dalam suatu lingkungan yang bersih, dengan mendapatkan sinar matahari yang tepat serta udara bersih, bebas dari bahwa kimia beracun, debu, asap dan uap yang berbahaya setiap hari.

 

 

 

Sinar Matahari memberikan pertumbuhan dan tenaga bagi semua mahkluk hidup. Apakah manfaat sinar matahari  bagi kesehatan kita manusia ?

1. Sinar matahari menghasilkan vitamin D. Sejumlah besar simpanan kolesterol terdapat di bawah kulit. Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, ia mengubah simpanan kolesterol ini menjadi vitamin D. Menghadapkan sebagian dari tubuh ke sinar motahari selama 5 menit memberikan 400 unit vitamin D. (Manusia membutuhkan 400 unit perhari menurut RDA USA).

2. Sinar Matahari mengurangi kolesterol darah. Dengan mengubah kolesterol di bahwa kulit menjadi vitamin D, menyebabkan tubuh memberikan peringatan kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit, sehingga mengurangi kolesterol dalam darah.

3. Sinar Matahari mengurangi gula darah. Cahaya matahari bagaikan insulin oleh memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Ini merangsang tubuh untuk mengubah gula darah (glukosa) menjadi gula yang tersimpan (glykogen), yang tersimpan di hati don otot, sehingga menurunkan gula darah.

4. Sinar Matahari ialah penawar infeksi dan pembunuh bakteri. Matahari sanggup membunuh bakteri penyakit, virus dan jamur. Itu berguna untuk perawatan tuberkulosis (tbc), erisipelas, keracunan darah, peritonitis, pnemonia, mumps, asma saluran pernafasan. Bahkan beberapa dari virus penyebab kanker dibinasakan oleh sinar ultraviolet. Infeksi jamur, termasuk candida, bereaksi terhadap sinar matahari. Bakteri di udara dibinasakan dalam 10 menit oleh sinar ultraviolet.

5. Sinar Matahari meningkatkan kebugaran pernafasan. Sinar matahad bisa meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Ini berarti banyak oksigen tersedia untuk dibawa ke otot-otot sewaktu gerak badan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernafasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur mataharii.

6. Sinar Matahari menolong dalam membentuk dan memperbaiki tulang-tulang. Dengan bertambahnya tingkat vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Ini menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakitis dan osteomalacia (pelembutan tulang tidak normal).

7. Sinar Matahari meningkatkan beberapa jenis kekebalan. Sinar matahari menambah sel darah putih terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi (gamma globulins) bertambah. Pengaruh ini bertahan sampai 3 minggu. Nitrofil membunuh kuman-kuman lebih cepat setelah pernafasan dengan sinar matahari. Sepuluh menit di.bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu mengurangi flu 30-40 persen.

Ya, sinar matahari sesungguhnya bermanfaat bagi kita. Yang terbaik bila anda disinari cahaya matahari sebelum pukul 9 :00 pagi dan setelah pukul 4:00 sore. Pada waktu mana anda tidak mendapatkan sinar pendek. Namun,perlu berhati-hati. Sinar matahari bisa juga berbahaya. Terlalu lama di bawah sinar bisa menyebabkan hal-hal berikut:

1. Sinar Matahari membuat kulit terbakar. Terlalu banyak mendapat sinar matahari, walaupun pada hari berawan bisa menyebakan kulit anda terbakar (awan bisa menyaring banyak berkas cahaya yang kelihatan dan inframerah, namun 80% radiasi ultraviolet bisa menembusi awan itu). UV-B adalah bagian dari spektrum ultraviolet yang membakar kulit dan hanyo 0,2 persen dari tenaga radiasi ini sampai ke permukaan bumi. Angin sepoi-sepoi bisa menombah bahaya itu.

2. Sinar Matahari bisa meningkatkan resiko kanker kulit. Kebanyakan sinar matahari dengan tingginya trigliserid darah adalah faktor yang paling besar terjadinya kanker kulit.

3. Sinar Matahari mempercepat proses penuaan

Z.R. Kime dalam "Sunlight Could Save Your Life", menyatakan bahwa bertambahnya penggunaan minyak sayur olahan (poliunsaturated), menyebabkan bertambahnya kehadiran "radikal bebas" pada kulit. Radikal bebas ini adalah bagian dari molekul (yang terpecah-pecah) dengan kecenderungan menyebabkan kerusakan jaringan lapisan kulit paling luar, penyebab utama penuaan dini - keriput kulit. Seorang ilmuwan menutup setengah dari piring batu dengan bakteri yang tumbuh di situ, dan setengah lainnya disinari matahari secara langsung. Bagian piring yang tertutup penuh dengan bakteri, tetapi tidak ada yang tumbuh di setengah piring yang mendapat sinar matahari. Semua bakteri telah terbunuh. Jika kita membuka lebar tirai dan jendela kita agar sinar matahari masuk ke kamar-kamar kita, setelah satu jangka waktu, sinar matahari ini akan membunuh bakteri yang berada di debu jendela dan lantai, sehinggo membuat rumah itu menjadi tempat yang lebih sehat untuk didiami.

 

                          

 

UDARA perlu untuk hidup. Manusia bisa hidup tanpa makanan untuk 7 minggu, tanpa air untuk 7 hari dan tanpa udara hanya untuk 7 menit. Paru-paru terus memproses udara, menghirup dan menghembuskannya sekitar 20.000 liter udara perhari. Sementara udara dihirup masuk kedalam paru-paru, pergantian oksigen dan karbondioksida terjadi di jutaan alveoli, suatu kantong udara seperti karet. Alveoli ini dilapisi di dalam satu jaringan kapileri (pembuluh halus) yang mengandung darah. Pergantian oksigen dan karbondioksida rampung dalam waktu mili detik, dan suatu putaran darah yang selengkapnya di seluruh tubuh membutuhkan sekitar satu menit.

Polusi udara dari cerobong asap mobil, truk dan pesawat udara, industri berat dan beberapa jenis pabrik tenaga listrik secara perlahan-lahan mencemari kualitas udara. Tetapi sumber polusi lain yang telah menjadi masalah kesehatan umum yang paling serius iolah MEROKOK.

Masalah bagi perokok aktif sering kali disebut pengaruh "ABC". Diantaranya ialah:

 

A -Aterosklerosis (pengerason arteri/urat nadi besor)

B - Bronkitis (batuk perokok) - bronkifis kronis/menahun dengan batuk kronis, dispnea, meludah dahak dan lendir sampai kepada emphisima (pembengkakan paru).

C - Cancer (kanker)

30% dari semua kemotian karena kanker terkait dengan mengisap rokok.

 

Merokok penyebab utama kanker:

Masalah bagi perokok pasif menjadi keprihatinan dari Asosiosi Jantung Amerika. Mereka menerbitkan suatu makalah ilmiah yang memperkirakan bahwa mereka yang terkena perokok pasif meningkat resiko kematian karena penyakit jantung sampoi 30% dan menyebabkan sampai 40.000 kematian per tahun. Bahaya lain dari perokok yang tidak sengaja ini ialah mata pedih, batuk, sakit kepala, radang hidung, memperburuk asma dan alergi pernafasan, penyakit penyempitan saluran udara. Terdapat 30% resiko kanker paru. Anak-anak teridap bronkitis (penyakit saluran pernafasan) dan pnemonia (radang paru).

Ya, merokok telah menjadi masalah kesehatan umum karena itu bukan hanya membahayakan para perokok tetapi mencemari udara dari mereka yang tidak merokok. Kita perlu bernafas dengan udara bersih, jemih, dan segar.

Kualitas Udara menghasilkan kesehatan tubuh yang baik. Dimana kita bisa memperolehnya? Udara yang paling menyehatkan berasal dari lokasi disekitar pepohonan atau tumbuhan hijau atau ditepi laut. Sebelumnya, dianggap bahwa udara yang baik berarti oksigen yang bersih dan mencair. Sekarang semakin nyata bahwa udara yang paling baik harus mengandung oksigen elektris yang dihasilkan oleh pohon atau tumbuhan yang mengapung di laut, yang menyediakan hampir 90% oksigen di atmosfir kita, sedangkan yang sisanya berasal dari tumbuhan di darat.

Kita merasa segar jika mendekati air terjun atau laut. Di pegunungan dimana terdapat dengan limpah udara dengan ion negatif, daerah wisata dan liburan. Disayangkan, polusi udara dan asap mengurangi jumlah ion negatif yang terdapat di udara yang kita hirup. Ion negatif di udara dalam suatu ruangan dengan cepat hilang oleh serapan perabot besi dan plastik, pakaian sintetis, misalnya, polyester don saluran alat penyejuk udara (AC). Barang-barang listrik menghasilkan ion positif.

Itu sebabnya, perlu usaha untuk menghirup udara berlistrik yang alami, contohnyo, gerak badan pagi hari di udara terbuka, sehingga memberikan vitalitas ke dalam darah dan sistim saraf, yang tidak bisa dicapai di tempat pengap, perputaran udara di ruangan berasap rokok, kantor yang padat dan pabrik yang ribut.

Bila memungkinkan, sistim penyejuk udara bisa memperoleh sedikitnyo 10% udara yang masuk ke alat itu agar menghasilkan kesegaran. Hal ini akan meningkatkan kesiagaan dan kreatifitas para penghuni. Kewaspadaan lain ialah agar pohon-pohon jangan sembarangan ditebang, karena kita berutang pada pohon-pohon ini untuk memberitakan vitalitas bagi udara.

Pengaruh psikologis tampak jika polusi udara menghambat oksigen yang penting itu memasuki tubuh. Sel-sel yang mudah sekali terpengaruh oleh kurangnyo oksigen ialah sel-sel otak, khususnya di pusat-pusat yang lebih tinggi yang berhubungan dengan pikiran, kemauan, pertimbangan dan emosi. Orang yang perilakunya tinggi tanpa cukup oksigen sering kebingungan, canggung dan mudah tersinggung. Bahkan tinggal di rumah yang ventilasinya buruk bisa menyebabkan pikiran menjadi tidak berdaya guna.

Cara satu-satunya seorang bisa mendapatkan oksigen ialah melalui menghirup udara. Banyak orang yang tidak memanfaatkan sebaik-baiknya kemampuan alami dari paru-paru mereka. Mereka bernafas dangkal , dengan hanya menggunakan bagian atas dari paru-parunya. Belajar bernalas dengan perut (diagfragma) dan dengan sikap tubuh yang baik adolah dua kunci utama untuk bernafas dengan baik.

Latihan Bernafas dengan Diafragma:

1. Sementara berdlri, acungkan tangan anda ke atas melawati kepala anda

2. Bernalaslah dengan perlahan, mulut ditutup. Biasanya tulang rusuk bagian bawah akan melebar.

3. Lebarkan dada sejauh mungkin sementara menarik nafas. Pada puncak tarikan nafas, sekali lagi menghirup udara.

4. Dengan mulut terbuka, biarkan semua udara keluar sementara dengan perlahan-lahan membungkuk. Batuklah untuk mengeluarkan udara yang terakhir.

5. Ulangi 5 sampai 10 kali tiap pagi.

Sambil mengubah pola hidup anda, berjemurlah secukupnya dibawah sinar matahari dan hiruplah udara yang segar agar anda memiliki hidup yang sehat.

 

Lanjutkan /kembali ke hal :       

 Home       Daftar Isi

1          3         5          6         8